Senin, 15 Maret 2010

cerpen

TIADA SAHABAT SEJATI UNTUK KU

Kemanakah langkah ini harus aku bawa, aku tidak tau kemana sahabatku yang selalu menemaniku entah dia telah mati atau hilang ditelan bumi, aku sendiri tidak tau kemana perginya aku tidak tau gimana jalan pikiranya karena aku sendiri terlalu pusing mikirin hal itu. aku yakin suatu saat aku akan temukan dia kembali dan mudah-mudahan dia cepat sadar akan kesalahannya karena semua yang terjadi akan ada hikmahnya. aku akan menunggu saat itu dimana aku bisa menemukannya suatu saat nanti.
“Hai ...ngapain ngalumun anak orang jangan di pikir ntar kamu tambah kurus lo…he..he..he..,canda Ahmad.”
”aku lagi sedih ?terlalu sakit hati ini, kata diriku.”
“kamu sakit kenapa perasaan kamu baik-baik aja trus kanapa, kamu g’terlihat sedih kok malah kamu kelihatan ceria banget lo, sambung Nila”
“Kamu tau g’akhir-akhir ini aku sangat sedih dimana aku selalu merasa sendiri, tiada orang yang perduli dengan diriku, kataku .“
“Sudah jangan sedih dunk itu merupakan hal yang biasa aku tau kamu telah ditinggal oleh sahabatmu, ego sahabatmu saat ini itu sangat tinggi jadi kamu jangan tanggapi negative sikapnya bersikaplah positif kepadanya, jika memang dia salah kamu ingatkan selagi kamu kuat, demi kebaikannya. Yakinlah semua ini ada hikmahnya, kata Ahmad.”
Aku pengen banget ngingetin dia tapi dia g’peduli lagi, setiap perkataanku seperti sampah, aku dianggap benda yang tidak bernyawa olehnya. Sungguh aku sangat sedih banget beda sekali dia ma sahabatku yang dulu, aku sebelumnya tidak pernah seperti ini, saat aku ingin mengingatkannya aku takut dianggap nyampuri prifasi orang. Padahal niatku baik, tetapi kesalahpahaman selalu ada pada dirinya hingga membuatku capek,”jawabku.”

“Sudahlah yang penting kamu dah berusaha untuk ngigetin dia, tunggulah dia, biarlah waktu yang menjawab, kamu jangan terlalu fokus dengan masalah ini karena itu akin mambawa kamu rugi, banyak waktumu yang terbuang sia-sia hanya untuk hal yang g’penting kayak gitu, sahut Ahmad yang berusaha nenangin hatiku.”

“Sekarang saatnya kamu memikirkan dirimu jangan terfokus ya, bias-bisa kamu akan hanyut pada masalah ini saja. Kamu harus mempunyai jiwa sabar dan fikiran yang jernih agar imanmu tidak goyah oleh apapun, dengarkan kata hatimu jika itu baik maka lakukanlah jika itu buruk maka jangan kamu lakukan.”tambah Nila.”
Aku seperti kayu yang rapuh dari luar kelihatan kuat namun didalam isinya telah keropos sehingga mudah patah, maka aku perlu tali-tali dan kain-kain yang dapat membalut kayu itu agar tak retak sedikitpun, kalianlah tali-tali dan kain-kain itu, jangan biarkan aku sendiri dan larut dalam hal yang sepele seperti ini, aku bukan anak yang cengeng, aku menangis karena terlalu berlebih untuk ku. Hanya kalian yang aku punya saat ini kalian yang mengerti diriku saat ini, karena dengan siapa lagi aku cerita sekarang ja aku sudah merasa kalau aku jauh dengan kalian, maafkan aku sahabat tapi ini yang aku rasakan saat ini dimana aku selalu sendiri dan kalian terlalu sibuk dengan urusan kalian, kalian memamang tak merasa seperti itu, tapi kalian ap pernah memperhatikan ku akhir-akhir ini kalian hanya dating disela-sela kebahagiaaanku tapi kalian tak pernah tau kesedihanku selama ini, tapi aku sadar juga kalau kalian sibuk banget hingga tak ingat lagi dengan temen kalian yang satu ini bahkan kalian sering membuatku kecewa tapi kalian tidak sadar tapi aku tau semua itu, aku sadar aku itu sapa, saudara bukan, keluarga juga bukan, melainkan orang lain yang hadir-hadir ditengah-tangah kalian. Maafkan aku sahabat aku terlalu mendramatisir urusan ini tapi apa aku bisa menjadi kayu yang utuh seperti dulu, kalianlah yang membuat aku semangat dalam hal apapun meski aku baru kenal kalian namun aku tau sikap solidaritas kalian sangatlah tinggi kepadaku. Aku bangga punya sahabat seperti kalian karena aku yakin kalian akan selalu mendukung aku disaat aku kehilangan sahabatku, terima kasih sahabatku.

“hai friend dalam persahabatan itu tidak ada kata trima kasih karena kita semua adalah saudara yang akan selalu mengisi hari-harimu, ujar Ahmad.”

“iya cari satu sahabat itu sulit banget, tapi jika kita mau mencari seribu musuh pasti kita akan mendapatkan dengan mudah. Apalah arti sebuah persahabatan selama ini? Seandainya kita punya temen baru dan meninggalkan teman yang dah lama kita miliki, meskipun demikian kamu tidak usah sedih aku yakin kamu adalah sahabat yang terbaik yang pernah aku miliki sekarang, nasib kamu sekarang tuh sama dengan diriku yang dulu sabarlah, ujar Nila.”

“ayo bangkitlah kawan karena aku yakin kamu bias. Laa tahzjan innallahama’ana, mulailah dari awal n percaya kali ini kamu bias hadapi masalah ini jangan terlalu capek dengan masalah ini, carilah inspirasi baru dalam hidupmu dan jangan terlalu pusing. Banyak tips dalam membangun semangat dalam diri:1).belajar menerima apa adanya kenyataan yang ada pada diri kita, 2). Jangan kagum padaorang lain karena kita mampu berbuat seperti itutetapi kita aja yang tidak mau mencobanya, 3). Jangan menyerah pada usaha walau gagal tapi usaha itu bermanfaat untuk orang lain, kata Ahmad.”
“chie…chiee kok dewasa banget sih dirimu, tapi sekarang aku tuh merasa ada sesuartu yang hilang pada diriku, tapi suatu saat sesuatu itu akan kembali padaku hanya waktu yang dapat menjawab, kataku.”
“makanya jadi orang tu jangan lugu-lugu banget udahlah positive tinking ja, jawab Ahmad dan Nila secara kompak.”
“ aku tuh sekarang ini g’bisa control emosi aku kata-kataku menyakiti orang lain bgt n hal itu tidak aku sadari n banyak orang yang salah paham dengan semu sikap ini, ampe banyak orang yang sentiment, kataku.“
“ ya udahlah jangan pusing. Ya hati-hati aja ntar pasti hati mereka akan cair lagi seiring berjalannya waktu. Kamu sekarang bukan seperti saat SMA yang semuanya bias diutarakan. Ya ini merupakan proses kematangan jiwa seseorang dalam usia yang bertambah.
OLEH : SITINURWATIN
JURUSAN : PENDIDIKAN GEOGRAFI
HP : 085646170961

2 komentar:

  1. Saya tertegun melihat bloger-bloger teman geografi unesa. Siip lah and teruskan, kami sangat bangga dengan komunikasi akademik via dunia maya ini. Bagaimana kalau sebagian teks ada yang di bahas inggriskan. tujuannya biar orang jagat mengerti artikel teman-teman. okey selamat semoga sukses menyertai teman-teman Geografi-Fis-Unesa

    BalasHapus
  2. ya pak saya akan coba...moga bisa menjadi lebih baik lagi

    BalasHapus